Skip to toolbar
Close

Resume “Manusia sebagai mahluk budaya”

Manusia sebagai pencipta kebudayaan (Animal Sibolicum)

Symbol adalah Segala sesuatu yang sudah melekat menurut kebudayaan, contohnya perilaku,peristiwa dan budaya itu sendiri. Dan juga Simbol bisa berarti merupakan komponen utama perwujudan kebudayaan karena symbol itu sendiri merupakan akar kebudayaan.

Dan symbol berfungsi sebagai :

  1. Pemaknaan serangkaian system aturan.
  2. pengembang kebudayaan manusia.

Manusia Pencipta Kebudayaan

Kebudayaan secara teknis dapat diartikan sebagai serangkaian pengetahuan manusia secara sistematis dan terstruktur guna mengorganisasikan simbol-simbol membentuk suatu ekspresi hingga lahirnya kebudayaan itu sendiri.

Komponen utama kebudayaan :

  • Individu ,,,,, individu yang akan menghasilkan kebudayan
  • Masyarakat ,,,,, masyarakat yang terdiri dari beberapa individu pembentuk kebudayaan.
  • ,,,,,,serta yang alam sebagai media mereka merefleksikan symbol menjadi suatu kebudayaan

Beberapa pendapat yang mejelaskan pengertian Kebudayaan:

Pengertian Kebudayaan, menurut Robert H. Lowie adalah sesuatu yang diperoleh individu dari sekumpulan masyarakat yang diperoleh bukan dari kreatifitasnya sendiri, tetapi melalui warisan masa lampau yang telah didapat melalui pendidikan formal atau informal.

Pengertian Kebudayaan, menurut Keesing adalah seluruh pengetahuan manusia serta pengalaman yang ada kemudian diterapkan dan dikembangkan secara kondisi social.

Pengertian Kebudayaan,menurut Koentjoroningrat adalah seluruh gagasan manusia yang mencerminkan proses belajar yang bersumber dari hasil budi pekertinya sendiri.

Pengertian Kebudayaan,menurut Selo Soemardjanserangkain hasil karya cipta masyarakat. Dimana Karya masyarakat itu sendiri menghasilkan teknologi dan kebudayaan.

Pengertian masyarakat itu sendiri yaitu sekelompok orang-orang di mana individu di dalamnya terikat kebersamaan, yang tertata terhadap dunia sekelilingnya yang diwujudkan dalam bentuk simbol tertentu.

Hubungan Masyarakat dan Kebudayaan,

masyarakat adalah bentuk visual yang kita lihat dari individu yang mendiami suatu tempat tertentu pada suatu wilayah. (Realitas)

SEDANGKAN….

Kebudayaan adalah bentuk perilaku, pikiran, karakter serta perasaan orang-orang tersebut dalam merefleksikan symbol-simbol yang ada membentuk ekspresi dan gagasan tertentu.

 

SEKIAN TERIMAH KASIH ATAS HASIL OPINI PEKERJAAN SAYA UNTUK PERTEMUAN YANG KEDUA.. WASSALAMUALAIKUM WR WB.

© 2020 Ferry Wiranto Blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.