Skip to toolbar
Close

Tugas kuliah ketiga, mengenai opini “Manusia dan Kebudayaan”

Kuliah ketiga.

Membahas tentang

  1. Kebudayaan
  2. Manusia dan Kebudayaan

Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekeerta yaitu “buddhayah” yang berarti budi atau akal. Budi adalah akal yang merupakan unsure rohani dalam kebudayaan, sedangkan daya berarti perbuatan atau ikhtiar sebagai unsure jasmani sehingga kebudayaan diartikan sebagai hasil dari akal dan ikhtiar manusia.

Sehingga menurut saya kebudayaan itu sendiri suatu akal budi manusia yang menghasilkan ekpresi tersendiri dalam menjalankan realitas roda kehidupan kesehariannya.

Arti budaya Dari bahasa Latin colere yang dalam bahasa Inggris yang mempunyai arti mengolah atau mengerjakan tanah pertaniannya. segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam” berdasarkan ilmu antropologi budaya,

Dalam hal ini , pengetahuan manusia dibutuhkan dalam memahami dan mengininterpresentasikan lingkungan dan pengalamannya, serta sebagai landasan dalam perilakunya.

Hubungan erat antara Individu manusia dan masyarakat

                Melville J. Herskovits dan Brownislaw Malinowski menyatakan bahwa segala sesuatau yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.

Menurut pendapat saya , bahwasanya segala sesuatu yang terdapat pada jiwa setiap individu dalam masyarakat sangat bergantung pada situasi dan kondisi keseharian kita berada di suatu tempat tentu. Dimana kita berpijak disana langit kita jungjung. Ulasan pribahasa tersebut sangat tepat untuk menjelaskan tentang hal tesebut.

 

 

 

 

 

 

 

© 2020 Ferry Wiranto Blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.