Skip to toolbar
Close

Opini Ilmu Sosial Budaya Dasar Pertemuan Ke-Empat

Yang Membahas tentang :

  1. Masyarakat Tradisi
  2. Modernisasi Masyarakat
  3. Masyarakat Madani (civil society)
  4. Masalah Peradaban
  • Perkembangan Komunikasi
  • Kemajuan IPTEK

 

  • Tambahan dari saya Berbudaya merupakan ciri khas kehidupan manusia yang membedakannya dari mahluk lain. Manusia dilahirkan dalam suatu budaya tertentu yang mempengaruhi kepribadiannya.

 

  • Pendapat saya mengenai topik masyarakat Tradisi , kebiasaan, sesuatu yang telah dilakukan untuk sejak lama dan menjadi bagian dari kehidupan suatu kelompok masyarakat, biasanya dari suatu negara, kebudayaan, waktu, atau agama yang sama. Hal yang paling mendasar dari tradisi adalah adanya informasi yang diteruskan dari generasi ke generasi baik tertulis maupun (sering kali) lisan, karena tanpa adanya ini, suatu tradisi dapat punah.

 

  • Pendapat saya mengenai topik Modernisasi Masyarakat, usaha untuk hidup sesuai dengan bentuk dari perubahan sosial.dan juga bisa diartikan suatu perubahan ke arah yang lebih maju atau meningkat dalam berbagai aspek dalam kehidupan masyarakat guna memberikan kesempatan ke arah perubahan demi kemajuan bersama.

 

  • Pendapat saya mengenai topik Masyarakat Madani, yaitu sehimpunan orang yang hidup bersama dalam suatu tempat dengan ikatan dan aturan yang tertentu masyarakat , serta masyarakat madani menjunjung tinggi nilai-nilai peradaban. Kemandirian yang tinggi terhadap negara, dan keterikatan dengan norma serta nilai-nilai hukum yang diikuti warganya. Yang tidak kalah pentingnnya masyarakat madani mengembangkan kepribadiannya dan memberi peluang bagi pemuasan kepentingan secara bebas dan tanpa paksaan.

 

  • Masalah pearadaban manusia muncul karena Perbedaan mencolok dari peradaban yang dianut oleh manusia yang terletak pada tingkat intelektual, perasaan keindahan, penguasaan teknologi, dan tingkat spiritual yang dianutnya. Sehingga dengan berjalannya waktu terjadilah perlawanan-perlawanan dari usaha tersebut . Dimana masyarakat modern cendrung bersifat agresif dan otoriter dalam menghadapi masyarakat tradisional

 

  • Dari segi perkembangan komunikasi dan kemajuan IPTEK , kita bisa melihat begitu pesatnya kejadian tersebut berlangsung, tentunya hal tersebut bisa mempengaruhi peradaban manusia pada saat ini. Karakter serta niai-nilai pada setiap individu akan menjadi objek akibat dari perkembangan teknologi dan IPTEK. Dari sinilah kita dapat merasakan arti dari peradaban manusia yang sesungguhnya.

 

Demikianlah Opini saya mengenai mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya Dasar pada pertemuan Ke-4 . Terimah kasih semoga bermanfaat.

 

 

 

© 2020 Ferry Wiranto Blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.