Skip to toolbar
Close

Tugas Opini Pertemuan Ke 7 Tahap-Tahap Peradaban Peradaban dan Perubahan Sosial

  • Nilai merupakan Pengertian nilai (value) harga makna, isi dan pesan, semangat, atau jiwa yang tersirat dan tersurat dalam sebuah fakta, konsep dan teori, sehingga bermakna secara fungsional. Mengapa nilai menjadi syarat utama suatu individu ?? menurut saya nilai difungsikan untuk mengarahkan, mengendalikan dan menentukan kelakuan seseorang, karena nilai dijadikan standar perilaku untuk dapat menjalin hubungan antar sesama .
  • Moral merupakan ukuran baik buruk seseorang, baik sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat, dan warga negara. Baik bisa digunakan juga dalam berinteraksi antar individu satu dengan yang lainnya.
  • Norma merupakan seluruh kaidah dan peraturan yang diterapkan melalui lingkungan sosialnya. Sanksi yang diterapkan oleh norma ini membedakan norma dengan produk sosial lainnya seperti budaya dan adat. Ada/ tidaknya norma diperkirakan mempunyai dampak dan pengaruh atas bagaimana seseorang berperilaku.
  • Etika Merupakan sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral , dan juga Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk dan tanggung jawab. Artinya merupakan descripsi dari perilaku kita yang telah dilakukan pada kehidupan sehari-hari.
  • Estetika membahas bagaimana keindahan bisa terbentuk, dan bagaimana supaya dapat merasakannya. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Artinya baik tidak baiknya suatu perilaku dalam berintaraksi dengan masyarakat umum
  • Kesimpulan dari saya mengenai sub bab pembahasan diatas adalah Nilai, norma dan moral langsung maupun tidak langsung memiliki hubungan yang cukup erat, karena masing-masing akan menentukan etika bangsa ini. Mengapa demikian karena :
  1. Norma: wujud konkrit dari nilai, yang menuntun sikap dan tingkah laku manusia. Norma hukum merupakan norma yang paling kuat keberlakuannyakarena dapat dipaksakan oleh suatu kekuasaan eksternal, misalnya penguasa atau penegak hukum.
  2. Makna moral yang terkandung dalam kepribadian seseorang akan tercermin pada sikap dan tingkah lakunya. Norma menjadi penuntun sikap dan tingkahlaku manusia.
  3. Moral dan etika sangat erat hubungannya.
  4. Nilai dan norma senantiasa berkaitan dengan moral dan etika.

Terimak Kasih .

 

 

 

© 2020 Ferry Wiranto Blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.