Skip to toolbar
Close

Ritual Petik Laut From Situbondo City.

TRADISI Petik Laut di Kabupaten Situbondo.

Petik Laut itu sendiri merupakan suatu Bentuk rasa syukur kepada Allh SWT atas segala limpahan karunianya banyak macamnya. Namun bagi komunitas nelayan, menunjukkan rasa syukur atas melimpahnya hasil tangkapan laut serta selalu selamat tanpa bencana serta rintangan apapun, hanya dikenal dengan ritual “Petik Laut” dan “larung saji”.

pada dasarnya tradisi Petik Laut sebagai ungkapan perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, dimana masyarakat Situbondo dan sekitarnya telah mendapat anugrah dari Allah SWT berupa kekayaan hasil laut yang melimpah dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat sepanjang masa.

Ritual ini yang selalu dinantikan dan rutin dilakukan dikalangan komunitas nelayan, termasuk nelayan petik laut di Desa Kilen Sari, Kecamatan Panarukan. Upacara ritual yang selalu dipadati ribuan warga nelayan tersebut merupakan acara puncak.

Ritual ini rutin digelar setiap tahunnya dan menjadi ciri khas dan pembeda dengan kabupaten yang lainnya,.
poin utama dari ritual ini dengan melemparkan sesajen ketengah lau lepas .
Membuang sesaji ketengah laut diyakini warga nelayan khususnya warga kilensari akan membawa keselamatan bagi Nelayan. Tradisi tersebut juga diyakini mampu membawa kebaikan dan kesejahteraan bagi nelayan yang ditandai melimpahnya ikan (hasil laut).
fgg

Kemudian Tradisi Petik Laut ini bisa dijadikan salah satu daya tarik wisata di Situbondo. Laut yang membentang di sebelah utara wilayah kabupaten Situbondo sepanjang kurang lebih 137 km dari wilayah kecamatan Banyu Glugur hingga kecamatan Banyu Putih, potensi laut yang terpendam masih berlimpah untuk dimanfaatkan namun ekploitasi hasil laut harus tetap memperhatikan kelestarian biodata laut itu sendiri. Penggunaan cara-cara ilegal seperti menggunakan racun dan bahan peledak dalam menggali potensi laut adalah sebuah bentuk pelanggaran hukum dan apabila tindakan semacam itu dilakukan  maka tidak hanya merusak lingkungan hidup tetapi juga mengancam kelestarian terumbu karang yang menjadi tempat kehidupan bermacam species binatang laut.

Maka dari itu sebuah Tradisi harus di jaga walaupun masa sekarang sudah memasuki masa modern, selain menjaganya kita harus juga melestarikan sebagai sumber wisata untuk memajukan daerah Kabupaten Situbondo sendiri agar terkenal dengan tradisi yang unik. tentunya jika situbondo terkenal juga akan berimbas pada kehidupan warga sekitar yang lebih baik kedepannya.

Dari paparan diatas dapat disimpulkan bahwa proses terjadinya Petik Laut sangatlah rumit dan penuh makna, dari pembuatan sesaji hingga pelarungan sesaji ketengah laut memrulkan sesuatu yang besar. Kebersamaan menjadi nomor satu.
tetap lestarikan budaya kita karena alam sangat mempengaruhi kehidupan manusia. Alam yang masih lestari pasti dapat memberi hidup dan kemakmuran bagi manusia dibumi khususnya untuk situbondo tercinta.

© 2020 Ferry Wiranto Blog | WordPress Theme: Annina Free by CrestaProject.